Siklus Jambi
No Result
View All Result
  • ADVERTORIAL
  • DAERAH
  • EKBIS
  • GAYA HIDUP
  • HUKRIM
  • KABAR TNI/ POLRI
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • OPINI
  • PEMERINTAHAN
  • PERISTIWA
  • POLITIK
  • ADVERTORIAL
  • DAERAH
  • EKBIS
  • GAYA HIDUP
  • HUKRIM
  • KABAR TNI/ POLRI
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • OPINI
  • PEMERINTAHAN
  • PERISTIWA
  • POLITIK
Siklus Jambi
No Result
View All Result
  • ADVERTORIAL
  • DAERAH
  • EKBIS
  • GAYA HIDUP
  • HUKRIM
  • KABAR TNI/ POLRI
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • OPINI
  • PEMERINTAHAN
  • PERISTIWA
  • POLITIK

Analisis Stategi Promosi dan Kepuasan Nasabah Terhadap Peningkatan Pembiayaan

by admin
28/03/2023
in OPINI
0
Miska Fitriyani (Foto Pribadi)

Miska Fitriyani (Foto Pribadi)

Oleh: Miska Fitriyani

Strategi Pemasaran

Baca juga

DPRD Provinsi Jambi Fasilitasi Pertemuan Aliansi Masyarakat dengan BAM DPR RI

30/09/2025

Ketua DPRD Jambi Hafiz Fattah Terima Aspirasi Massa Aliansi Suara Rakyat

17/09/2025

DPRD Jambi Nyatakan Multiyears Islamic Center Sesuai Spesifikasi, Ivan Wirata: Sudah Klir, Lanjut Pekerjaan Interior 2025

13/06/2025

Hasil RDP DPRD – Dinas PUPR, Ivan Wirata : Islamic Center Sesuai Perencanaan

13/06/2025

Dari pelayanan terhadap nasabah juga merupkan faktor penting untuk strategi pemasaran Bank Syariah Indonesia UIN Raden Intan Lampung, pelayanan dengan nasabah dilakukan dengan cara kekeluargaan guna menjadikan nasabah tersebut nyaman untuk terus bertransaksi dan tetap menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia UIN Raden Intan Lampung. Dengan pelayanan yang ramah, pelayanan yang dilakukan dengan cara pendekatan secara personal. Strategi pelayanan tersebut termasuk bagian dari strategi pemasaran Bank Syariah Indonesia UIN Raden Intan Lampung.

Produk Pembiayaan

Produk Pembiayaan Konsumtif

Produk pembiayaan konsumtif merupakan produk pembiayaan yang diberikan kepada nasabah untuk tujuan membeli barang-barang atau jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup dengan penyerahan jenis agunan tertentu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Bank.

a. Pembiayaan Pemilikan Bermotor (PPR)

Pembiayaan yang diberikan kepada nasabah untuk tujuan membeli rumah tinggal, ruko/rukan, apartemen, kavling siap bangun, renovasi rumah dan pembangunan rumah.

b. Pembiayaan Pemilikan Kendaraan Bermotor (PKB)

Fasilitas yang diberikan kepada nasabah untuk tujuan membeli kendaraan bermotor baru maupun bekas.

c.Pembiayaan Serba Guna (PSG)

Fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada nasabah untuk tujuan memperoleh manfaat/jasa maupun benda/barang.

d. Pembiayaan Kesejahteraan Pegawai (PKP)

Fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada karyawan/pegawai tetap untuk tujuan memperoleh manfaat/jasa maupun benda/barang dimana perusahaan induk telah menjalin kerjasama dengan pihak bank.

e. Pembiayaan Koperasi Karyawan (PKK)

Fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada koperasi baik secara channeling maupun executing untuk disalurkan kembali kepada anggota tetap koperasi. Pembiayaan Kepada Koperasi Karyawan adalah penyaluran pembiayaan melalui Koperasi karyawan yang selanjutnya disalurkan kepada End User yaitu anggota Koperasi karyawan yang bertujuan untuk membiayai keperluan konsumtif, dengan skim Mudharabah Mutlaqah (Executing) maupun Mudharabah Muqayadah (Chanelling).

f. Pembiayaan Mitra Emas iB Maslahah

Pembiayaan dimana bank syariah Indonesia memberikan pembiayaan dengan prinsip Qardah kepada nasabah melalui penyerahan agunan berupa emas.

g. Pembiyaan Kepemilikan Emas (PKE)

Produk ini bertujuan untuk memfasilitasi calon nasabah yang berkeinginan untuk memiliki emas dengan objek agunan emas yan dibelinya sesuai dengan kreteria yang ditetapkan oleh Bank.

h. Pembiayaan Bangunan Emas Pembiayaan bangunan emas adalah pembiayaan yang diberikan kepada nasabah untuk tujuan konsmtif dengan jaminan atau agunan berupa emas/perhiasan yang telah dimiliki oleh nasabah

Produk Pembiayaan Produktif

a. Pembiayaan Investasi

Pembiayaan jangka menengah atau jangka panjang untuk pembelian barang-barang modal beserta jasa yang diperlukan untuk pendirian proyek baru, modernisasi, ekspansi, atau relokasi proyek yang sudah ada.

a) Pembiayaan Modal Kerja
Pembiayaan Modal Kerja adalah fasilitas pembiyaan kepada calon nasabah perorangan atau nasabah perusahaan untuk membiayai aktiva lancar atau untuk membiayai modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan.

Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia UIN Raden Intan Lampung
a. Sebanyak 31% responden setuju akan pelayanan yang sangat ramah yang di dapat pihak Bank Syariah Indonesia UIN RIL, 3% responden menjawab cukup setuju, 66% responden menjawab sangat setuju, 0% responden menjawab tidak setuju dan 0% responden menjawab sangat tidak setuju. Dalam hal ini bisa di simpulkan bahwa nasabah yang bertransaksi dengan Bank Syariah UIN RIL sebagian besar sangat setuju akan pelayanan yang diberikan oleh petugas bank yang sangat ramah sehingga keinginan untuk terus melakukan transaksi dengan pihak Bank Syariah UIN RIL, dan tidak ada hasil yang menunjukan bahwa nasabah tidak puas akan pelayanan yang di berikan oleh pihak bank.

b. Sebanyak 28% responden menjawab setuju akan sigap dan cepatnya pelayanan yang diberikan oleh pihak bank, 59% responden menjawab cukup setuju, 10% responden menjawab sangat setuju, tetapi ada juga sebagian responden menjawab tidak setuju akan hal itu sebanyak 4% dan 0% responden yang menjawab tidak setuju akan hal tersebut.

c. Sebanyak 35% responden menjawab setuju, 40% responden menjawab cukup setuju, 25% responden menjawab sangat setuju akan penampilan pihak bank yang selalu rapih setiap harinya dan tidak ada responden yang menjawab tidak setuju dan sangat tidak setuju akan hal tersebut. Dalam hal ini bisa di simpulkan bahwa nasabah nyaman akan penampilan yang fresh dari pihak bank sendiri dan enak dipandang.

d. Sebanyak 39% responden menjawab setuju akan pelayanan yang sangat ramah dan menggunakan prinsip 3S (Senyum, Salam, Sapa) yang didapat dari pihak Bank Syariah UIN RIL, 9% responden menjawab cukup setuju, 53% responden menjawab sangat setuju, 0% responden menjawan tidak setuju dan 0% responden menjawab sangat tidak setuju. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa nasabah yang bertransaksi dengan Bank Syariah UIN RIL sebagian besar sangat setuju akan pelayanan yang diberikan oleh petugas bank sangat ramah sehingga keinginan untuk terus melakukan transaksi dengan pihak Bank Syariah UIN RIL, dan tidak ada hasil yang menunjukan bahwa nasabah tidak puas akan pelayanan yang diberikan oleh pihak bank.

e. Mengenai reputasi dari Bank Syariah UIN RIL menjadi sebagian nasabah akan merekomendasikan kepada kerabat, tetangga dan lain sebagainya, sebanyak 35% responden menjawab setuju dengan akan merekomendasikan Bank Syariah UIN RIL kepada orang lain, 36% responden menjawab cukup setuju, 20% responden menjawab sangat setuju, 9% responden menjawab tidak setuju dan 0% responden menjawab sangat tidak setuju. Dalam hal ini sebagian besar responden cukup setuju akan melakukan rekomendasi kepada orang disekitarnya dan sebagian lagi setuju akan hal tersebut.

Kesimpulan

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Syariah UIN RIL ternyata ada peningkatan yang cukup signifikan yakni produk-produk pembiayaan yang ditawarkan kepada pihak nasabah seperti produk pembiayaan konsumtif. Selanjutnya mengenai produk pembiayaan produktif juga yang berkaitan dengan pembiayaan modal usaha dan investasi sudah banyak diminati oleh pihak nasabah. Seterusnya, penulis menyimpulkan hasil penelitian tentang pelayanan yang dilakukan oleh pihak Bank Syariah UIN RIL terhadap para nasabahnya ternyata hasilnya cukup memuaskan yang berkaitan dengan keramahan, ketetapan dan kecepatan terutama yang menarik dan berbeda dengan bank-bank konvensional yakni senyum, salam dan sapa.

Penulis adalah Mahasisiwi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Share234Tweet146SendScan
Previous Post

Honda AT Family Day Hadir di Jamtos Mall

Next Post

Pemdes Lagan Tengah Salurkan BLT DD TA 2023 kepada 64 KK

Artikel terkait

Ilustrasi (Dok. pinterest)
OPINI

Kesederhanaan Kunci Pembuka Peluang Baru dalam Kehidupan

by admin
29/08/2023
Yulfi Alfikri Noer S.IP., M.AP (dok. Penulis)
OPINI

Mengamati Potret Politik: Al Haris Mendominasi Survei Elektabilitas dan Popularitas Pilgub Jambi 2024

by admin
14/08/2023
Ega Erlangga. (Dok Pribadi)
OPINI

Panduan Praktis Merawat Gitar Kopong atau Akustik

by admin
10/08/2023
Musri Nauli (dok.facebook musri nauli)
OPINI

Bangko – Jambi

by admin
10/08/2023
Musri Nauli (Dok. pribadi)
OPINI

Jambi – Tebo

by admin
02/08/2023
Program Sosialisasi Pentingnya Edukasi Parenting Cegah Stunting (Dok.Penulis)
OPINI

Mahasiswa KKN Persemakmuran Ex IAIN Sunan Ampel Melaksanakan Program Sosialisasi Pentingnya Edukasi Parenting Cegah Stunting

by admin
01/08/2023
Next Post
Penyerahan BLT DD secara simbolis kepada KPM di aula Kantor Desa Lagan Tengah, selasa (28/3/2023).(dok. Misbah)

Pemdes Lagan Tengah Salurkan BLT DD TA 2023 kepada 64 KK

Ketua TP PKK, Hesti Haris saat menyampaikan sambutan (Foto:Harun - kominfo)

TP PKK Gelar Pasar Murah, Hesti Haris Harap Bantu Melayani Masyarakat

Wagub Abdullah Sani saat menyampaikan kata sambutan. (Foto: Diskominfo/Harun)

Wagub Jambi: Pasar Murah TP-PKK Wujudkan Kestabilan Harga Pangan

Wagub Sani saat, menyampaikan kata sambutan pada pembukaan 'Ramadhan Ceria' Jambi TV di Gedung Jambi TV, Selasa (28/03/2023). (Foto : Agus - kominfo)

Wagub Sani: 'Ramadhan Ceria' Ajang Gali Potensi Anak Muda Jambi

Danrem 042/Gapu saat menyampaikan sambutan (Dok. Penrem 042/Gapu - Hatta)

Danrem 042/Gapu Terima Peserta SSDN Program Dikreg Angkatan LXV Lemhanas 2023

Discussion about this post

Berita Populer

  • Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol. Mulia Prianto. (Dok. Humas Polda Jambi)

    Triwulan I Tahun 2023, Polda Jambi Selamatkan 404.410 Jiwa dari Penyalahgunaan Narkotika

    620 shares
    Share 248 Tweet 155
  • Rayakan 15th Anniversary, X- Friends Jambi Siap Sambut Konser Road to TIPE-X #orcheSKA 30 Years Music Tour

    597 shares
    Share 239 Tweet 149
  • Rivan Saputra, Salah Satu Freelance LO yang Hampir Selalu Hadir di Setiap Event di Jambi

    593 shares
    Share 237 Tweet 148
  • Kemas Alfrabi Jadi Pemateri PKD ke-VII PMII Komisariat STAI Ma’arif Kota Jambi

    590 shares
    Share 236 Tweet 148
  • Hadiri Harlah IKPMS ke-50, Gubernur Al Haris Puji Semangat dan Komitmen Mahasiswa Desa Simbur Naik

    589 shares
    Share 236 Tweet 147
  • Kemas Alfarabi: Maknai Kemerdekaan dengan Inovasi dan Tanggung Jawab

    588 shares
    Share 235 Tweet 147
  • Gerakan Fasha Tak Terlihat, Hasbi Pastikan Kader Nasdem Allout Menangkan Romi-Sudirman

    588 shares
    Share 235 Tweet 147

Beranda -- Disclaimer -- Hak Jawab & Koreksi Berita -- Iklan & Kerja Sama -- Kode Etik -- Pedoman Media Siber -- Redaksi -- SOP Perlindungan Wartawan -- Tentang Kami

No Result
View All Result
  • ADVERTORIAL
  • DAERAH
  • EKBIS
  • GAYA HIDUP
  • HUKRIM
  • KABAR TNI/ POLRI
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • OPINI
  • PEMERINTAHAN
  • PERISTIWA
  • POLITIK